Sabtu, 24 Maret 2012

Penantian secangkir Kopi di Kedai Kopi Ijo

Kali ini gw mencoba untuk mereview suatu tempat kedai kopi.. hahaha ini review gw yang pertama, tanpa wawancara, hanya sekilas pengalaman terhadap suatu kedai kopi saja.
                Kedai ini terletak pada Jl. Dr. Sumeru, Ruko Brajamustika No. 18, Bogor 16111. Ruko tersebut berada di depan RS. Karya Bhakti, dan tepat di sebelah California Fried Chicken (CFC).

                Sebenarnya gw mendapat berita ada kedai ini dari bulan februari dari adik kelas lalu dan iseng - iseng browsing pada awal bulan maret. Habis browsing sorenya, malamnya gw ajak lah temen buat ngopi, jarang ada kedai kopi espresso basic deket kampus, males jalan ke kota. Keselnya gw gak nemuin tuh kedai padahal apalagi malem minggu, masa udah tutup jam 8 malem, ngerasa gak enak sama temen gw yang gw ajak tadi, yaudahlah jadi ngopi di J.Co botani square aja. Gempor malah ke tengah kota malam minggu berdua, sama – sama cowok lagi. Heuuhhh... sh*t dah.. ngopi doang masak harus ke mall? Jaman sudah berubah, mall adalah alat monopoli masyarakat dimana setiap orang ke mall itu berubah menjadi sehat, melebihi rumah sakit atau puskesmas lah mujarabnya.
                Keesokan harinya gw penasaran, soalnya di blog memang tertera itu kedai ada di ruko depan RS. Karya Bhakti. Setelah ngebut tanpa helm (untung gak ada polisi) yang rencananya ngisi bensin doang akhirnya sampai ke Ruko TKP. Terlihat Kedainya sudah terbuka garasi rukonya, gw pikir gw ga salah lihat. Akhirnya gw menemukannya, tetapi pintunya ditutup dan terlihat tulisan CLOSED (gw kira ini jamban). Galau gw... akhirnya gw pulang.
                Malamnya gw cari – cari info via twitter, akhirnya gw menemukan alamat email dan twitter, gw follow deh tu akun, trus gw kepo in recent tweetnya. Tertera bulan februari kira – kira pertengahan mereka mau renovasi, tapi gak jelas sampe kapan. Gw mencoba mencari kejelasan dengan mengirim email dan mention twitternya, tapi gak ada balasan. Keselnya ada orang lain yang mention tapi dibalas. Hiks... Setelah menunggu lama, sempet ngeliatin recent, katanya mimin alias admin twitter dengan mereply mention (orang lain) katanya Kedai ini akan buka lagi sekitar tanggal 14 atau 15 april. Gw udah seneng neh... tanggal 15 gw ajak temen2 gw ngopi sore2 sebelum besok subuhnya gw mau cabut ke anyer. Dengan semangat 45 berempat dengan gw leader nya gw ke TKP. Kedai itu terbuka pintu dan etalase, lalu gw pede masuk trus ada tukang bilang kalau belom buka... Drop dah... disaat pengen ngopi selalu aja begini... Pengalaman gw nyari D’Coffee aceh di Cimanggu juga kayak begini nih, disatronin malah tutup... hiks... saking malesnya gw langsung cabut ke Coffee pot di Taman Kencana. Tapi satu – satunya kedai kopi espresso basic yang pasti di bogor kota  ya di KFC Coffee, gak ada yang lain dah.
                Gak sengaja terlihat timeline dari twitter kedai ini, finally buka. Karena 3 kali kecewa, berita ini gak terlalu wah bagi gw... hahahha jual mahal... Pada suatu sore nan cerah tapi agak mendung dikit gw ngebet ngopi neh, ga ada temen juga gak papa... gw pengen ngopi, bukan pengen rame2 ngopi. Langsung gw gas motor gw sampe tuh kedai, dan alhasilnya totally buka (yes!).
                Kedai ini bernama Kedai Kopi ijo, biasa disingkat Kojo. Dari segi artistik sih cafe yang cozy, asik gak terlalu ramai. Pemandangan taman di sekitar Braja cukup catchy dan lumayan bersih.  Kondisi taman belakangnya cukup bagus, tapi kurang meja kursinya, bagusnya sih dibanyakin lagi.

Dengan ramah pegawai kedai menyambut dan mencatat pesanan gw. Cukup kopi yang sedikit berat, gw memilih Hot Latte. Oiya, untuk harga di kedai ini harganya di kelas menengah, tetapi gak rugi kok buat nyoba sekali – sekali, cocok buat cari tempat yang nyaman buat nulis skripsi atau kerjaan karena di Kojo tenang dan ada Wifi nya. Neh harganya bisa dilihat di gambar. 

Gak cuman kopi, ada makanan macem – macem kayak pancake, waffle, fruit salad, dll. Katannya sih menu andalannya bernama Kopi Ijo, kopi organik gitu. Tapi, kopi ijo cuman ada di menu Ice coffee aja, gw gak terlalu suka ice coffee, next time icip lah tuh menu kopi ijo. Kalian juga bisa check di twitternya @kedaikojo

Menunggu sebentar akhirnya pesanan gw muncul juga. Mesen Hot Latte gw dapet secangkir kopi hot Latte yang gede, sepotong kue ada daun dan cream, sekotak gula pasir, dan sekotak asbak buat rokok *lebay*. Kopinya mantaf, gak terlalu berat untuk seukuran Latte. 

Nice scene, walaupun ada yang bakar – bakar sampah ketika ada costumer di belakang... hehehe... kalau gw sih no problem, tapi kalau orang lain gak tau deh... trus yang gw suka di kedai ini ada bacaan koran (walau kurang update, mungkin gara – gar baru buka) dan ada novel – novel yang cukup menarik, dibanyakin kek nya lebih bagus. Gw sih cita – cita pengen buat kedai kopi trus ada macam library dan buku – bukunya itu semua berisi skripsi – skripsi Universitas di Indonesia berbagai jurusan.. hahaha... Menikmati 1,5 jam di cafe tersebut cukup mengasyikkan. Gw candid foto – foto pake camera hp.
Yah inilah kisah gw pencarian kedai Kopi Ijo di Ruko baru depan RS. Karya Bhakti. Mencari segelas kopi dengan penantian yang cukup lama.. Mimin tolong aktifin asking dari follower dong, kasihan atuh orang – orang macam gue cuman bisa kepo – kepo in recent tweet. Hiksss.... Semangat bro and sis di Kedai Kopi Ijo... Kalian Bisa!!! Goodluck!!

6 komentar:

  1. cet, ada colokannya ga disana? gw juga suka nyari tempat ngopi buat ngerjain srips tapi sialnya laptop gw yang anggun ini harus selalu nyolok. cuh. :))
    eh, kedai telapak di sampning botani juga enak cet espressonya, buka sampe jam 12 lagi, haha.

    BalasHapus
  2. Ada colokannya lah git... masa colok di idung... ehehe.. hayoo kapan2 maen k kojo... kedai telapak harganya gmn? 24 jam emang?

    BalasHapus
  3. agilak lu, mana adaa yg 24 jam..rekor gw disana dari jam 10 pagi sampe jam 10 malem, ngerjain skrips. Hahaha
    hmm..kalo harga sih kurang asik ya men, you know..mehehe
    tp yg gw suka disana pelayanannya cuek parah cet, lu mau mesen ato ga, mau ketiduran, ato mau berantem di dlm cafe, ga ada yg peduliin. :)))

    BalasHapus
  4. @gita dmn lw git? hayookk ksana

    BalasHapus
  5. hahaha...seru juga pencarian lo...btw good luck deh...dan sekarang kejadian ma gw yang lagi galau cari tempat ngopi yang cozy dan punya view yang oke...finally gw dapet rekomendasi yang tempatnya ga jauh dari tempat gawe....sejauh mata memandang cuy....berangkaaaat!! thanks yuah infonya mas bro...triiing

    BalasHapus
  6. Salam kenal... :) Ngopi asik yuk! Mention twitter gua @bahhhri pake hashtag #NgopiAsikBGR :)

    BalasHapus